Kapten RB Menulis IIP Kota Jakarta 2017 (Bagian 2)

Tulisan ini saya buat sesuai dengan kondisi RB Menulis saat ini..

"Sudah kepalang nyebur, jadi berenanglah mengikuti arus.." kalimat itu yang terus-menerus saya tanamkan pada diri saya. Sepertinya saya ditempa--lagi dan lagi--untuk memaknai syukur, sabar, dan ikhlas. Ya..cinta itu tentang syukur, sabar, dan ikhlas, itulah yang saya pegang bertahun-tahun, dan kali ini saya diuji: apa yang bisa saya lakukan sebagai bukti cinta saya kepada RB Menulis? Mengingat alur saat saya berbelok arah memilih bergabung di sini ataupun saat pemilihan (yang sejujurnya saya tidak memilih partai saya karena keraguan atas SDM yang ada)--yang kemudian berujung pada kemenangan, saya menyadari bahwa ada alasan kenapa saya berada di sini, kenapa saya diamanahi sebagai Kapten RB Menulis, masya Allah..

Jadi, di awal masa pemilihan pengurus RB Menulis, saya berkonsultasi dengan pengurus RB Menulis yang lama, dan alhamdulillah ide saya untuk menggandeng tim "partai sebelah" disetujui, hehe. Inilah susunan pengurus RB Menulis IIP Jakarta tahun 2017 dan andaikata saya diberi amanah kembali untuk menjadi Kapten RB Menulis, inilah struktur pengurus yang hingga saat ini saya anggap paling ideal:

👮🏻 Kapten

- Menerima pendaftaran member baru
- Berkoordinasi dengan RB Menulis lainnya
- Berkoordinasi dengan pemateri pada Kulwapp Bulanan
- Berkoordinasi dengan Pena Kecil perihal kegiatan Workshop Menulis

💂🏻 Wakil Kapten

- Mengingatkan tata tertib kelas kepada member RB Menulis
- Menggantikan peran Ketua apabila diperlukan

📋 Sekretaris 1
📋 Sekretaris 2

- Mendokumentasikan data-data member RB Menulis
- Berkoordinasi perihal kesekretariatan dengan Pena Kecil pada Workshop Menulis

💰 Bendahara

- Mengelola keuangan RB Menulis
- Mendata sponsorship RB Menulis
- Berkoordinasi perihal keuangan dengan Pena Kecil pada kegiatan Workshop Menulis

🖋 Koordinator Pena Kecil

Pena Kecil merupakan panitia insidental yang dibentuk terkait dengan kegiatan Workshop Menulis dan penerbitan buku karya RB Menulis

📲 Go-public Team

- Mengelola dan mempublikasikan materi Kulwapp Bulanan pada FB Grup RB Menulis
- Mengelola dan mempublikasikan materi ataupun karya RB Menulis pada blog RB Menulis
- Mengelola dan mempublikasikan Quotes ataupun Jurnal Mingguan pada instagram RB Menulis

Uraian tugas dari masing-masing posisi masih terus mengalami penyesuaian hingga saat ini. Saat di awal kepengurusan, tugas Ketua/Kapten RB Menulis itu adalah memimpin kulwapp bulanan, maka saat ini ditetapkan setiap program kerja ada penanggung jawabnya, jadi tidak saklek dan bergantung di satu orang. Misal, seperti kulwapp bulanan, saya menetapkan PIC/moderator, co-moderator, dan notulen; atau saya membebaskan PIC untuk memilih timnya dalam merealisasikan proker tersebut. Mengapa demikian? Karena saya menginginkan agar tim pengurus memiliki "sense of belonging" terhadap program kerja RB Menulis. Selain itu juga saya ingin memberikan kesempatan belajar bagi anggota pengurus lainnya, termasuk saya. Belajar menjadi leader dan belajar menjadi follower. Jadi, Kapten tidak melulu harus memimpin kulwapp dan seorang Sekretaris juga tidak selalu berkutat dengan notulen.

Selama lima bulan berjalan, beberapa proker sukses dilaksanakan, para member sangat antusias dengan proker-proker tersebut: kulwapp pembuatan blog, kulwapp instagram marketing, kulwapp copywriting, quotofy contest, dan sharing santai bersama ketua RB Menulis IIP Bekasi. Namun, memang untuk merealisasikan proker tidak selalu berjalan mulus. Terkadang para pengurus yang diamanahi tanggung jawab untuk proker tersebut tidak berjalan maksimal, sehingga menjadi salah satu penghambat kegiatan di RB Menulis. Adapun beberapa proker yang akhirnya harus di drop karena tidak juga selesai dibuat ketentuannya adalah book review competition dan share your books. Beraatt rasanya melepas dua proker ini, tapi apa daya..daripada proker lainnya ikut terhambat, ya kann?! Dalam waktu dekat, rencananya kami akan melaksanakan Kopdar Perdana. Selain silaturahim dan mempererat rasa kasih dan sayang di antara para member RB Menulis, meet up perdana ini juga sekaligus mengupgrade kompetensi kepenulisan para member dan membicarakan wacana penerbitan buku karya RB Menulis.

Selain program kerja tersebut, ada program kerja tambahan yang saya buat khusus bagi tim pengurus meski hingga saat ini belum terealisasi, yaitu:
- Sharing session masing-masing personil tim pengurus;
- Menghadirkan tamu yang dapat berbagi ataupun mengevaluasi program kerja RB Menulis. Tamu ini didatangkan dari member RB Menulis itu sendiri.

Menurut saya hal ini cukup penting, mengingat kami di antara tim pengurus perlu mengenal lebih dekat antara satu dengan lainnya, sehingga akan timbul chemistry di antara kami. Evaluasi juga penting karena background tim pengurus hanya satu orang yang berpengalaman berada di RB Menulis, sehingga saran ataupun koreksi dari para member RB Menulis sangat kami butuhkan. Keseluruhan program kerja ini pun akan selalu dievaluasi, bisa nanti dihapuskan atau ditambahkan seiring berjalannya waktu.  Dengan begitu, saya berharap setiap member RB Menulis dapat berjalan beriringan dengan harmonis membangun RB Menulis ke arah yang lebih baik dan berkontribusi nyata membangun peradaban, in sya Allah.. 😊

#rumbelmenulisiipjakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How I Met My Husband

Hal Besar Dimulai dari Langkah Kecil

Lima Tips yang Perlu Diperhatikan Orang Tua saat Memilih Sekolah Anak