Wisata Jogja: Day 1

Bismillah.. Saya mulai cerita liburan kami ke Jogja dua minggu lalu yaa.. H-1 minggu liburan, kami sudah mulai sounding ke anak-anak. Tahapan ini selalu penting bagi kami untuk mempersiapkan kondisi anak-anak saat liburan. Hampir setiap hari Askana dan ayahnya selalu berkata "tidak sabar" menanti liburan tiba, hihii.. Di malam hari, anak-anak sudah heboh mempersiapkan pakaian yang akan dibawa sejak tiga hari sebelum keberangkatan, hihii..saya hanya tinggal menyortir/menambahkan beberapa pakaian saja. Oleh karena kami akan menggunakan transportasi publik, jadilah kami hanya membawa 1 koper besar dan 1 koper kecil. H-1 kami baru mendapat kabar bahwa salah saudara akan pulang ke Medan, maka sebelum berangkat kami memutuskan untuk mampir dulu ke rumah oppung. Alhamdulillah sy terbangun di jam 2 pagi, mempersiapkan 2 koper, 1 tas ransel berisi pakaian cadangan, serta 1 tas makanan. Awalnya kami berencana untuk berangkat jam 5.45, tapi ternyata Adia mogok bangun pagi πŸ˜… Alhamdulillah saking antusiasnya, Askana bisa bangun lebih pagi, mandi pagi dan sudah siap di jam st6. Good job, girl! 😘 Kamipun berangkat dari rumah jam 6. Setengah jam perjalanan dan kami masih sempat bertemu dengan saudara. Asyik mengobrol, kami malah terlupa untuk memesan taksi online, waakakakk..dan baru berangkat ke stasiun jam 7. Pagi hari kerja juga ternyata agak hectic yaa untuk liburan, jalanan macettt.. Saya sudah melihat wajah si ayah yang h2c. Untuk memastikan saya pun bertanya pada si ayah tentang kemungkinan kami sampai tepat waktu, tetapi ia menggeleng. Saya lalu menawarkan opsi untuk naik ojek ke stasiun, tapi si ayah juga menolak. Semua tegang, bahkan Askana pun berdoa agar kami tidak ketinggalan kereta. Terkecuali Adia, si anak gondut ini malah asyik sekali memakan buah jeruk πŸ‘ΆπŸ»πŸŠ 10 menit sebelum kereta berangkat, kami akhirnya tiba di stasiun. Saya ditugasi si ayah untuk mencari porter dan membawa anak-anak ke dalam stasiun, sedangkan si ayah akan berlari untuk mencetak boarding pass kereta. Saya menggendong Adia dan meminta Askana ikut berlari sambil memegangi baju saya. Alhamdulillah kami berhasil duduk manis di dalam kereta pada 5 menit sebelum kereta berangkat πŸ˜πŸ˜… • Ini adalah pengalaman pertama bagi anak-anak naik kereta jarak jauh. Mereka senang sekali. Adia tampak sedikit kebingungan, tapi akhirnya menikmati perjalanan. Untuk perjalanan kali ini saya membawakan satu buku cerita tentang Jogja dan satu buku aktivitas bagi Askana. Saya sengaja baru memberikan buku aktivitas itu pagi hari sebelum berangkat agar Askana semangat selama di perjalanan. Saya juga mengizinkan Askana untuk membawa krayon kecil dan alat tulisnya. •
Perjalanan selama kurang lebih 7 jam itu dapat dilalui dengan lancar. Anak-anak malah heboh berjalan ke sana-sini, main petak umpet πŸ˜† Sesampainya di Jogja, kami langsung menuju guest house di daerah Gowongan untuk beristirahat sejenak. Oleh karena turun hujan, maka kami drop jadwal jalan-jalan di Malioboro dan Taman Pelangi. Kami akhirnya memutuskan untuk langsung menikmati makan malam di restoran Ayam Goreng Mbah Cemplung yang terkenal. Kami memesan ayam goreng yang maknyuus, oseng buah pepaya (enakkk!), oseng terong balado, dan tahu-tempe πŸ—πŸ› Untuk minuman, saya memesan jeruk hangat yang rasanya paass menurut saya πŸ‘πŸ»
• Selanjutnya, kami minta diantar ke Rumah Batik untuk membeli titipan batik dari Oppungnya anak-anak (sebagai pengganti jalan-jalan di Malioboro). Di Rumah Batik ini juga sekalian kami membeli oleh-oleh untuk para keponakan. Si ayah malah belanja 2 batik, hihii. Sedikit cerita tentang produk Rumah Batik, saat hamil Askana, saya dan suami sempat mampir ke toko ini. Saat itu, saya membeli 2 blazer batik yang hingga saat ini masih saya gunakan (usianya berarti sudah hampir 5 tahun, awet!) 😊 • Keluar dari Rumah Batik, ternyata hujan semakin deras. Keinginan untuk bermain di Taman Pelangi pun tidak terpenuhi. Anak-anak malah sudah pulas tertidur di jok mobil. Si ayah masih meminta untuk diantar ke Bakmi Mbah Gito di daerah Kotagede. Hihii, lanjuutt wisata kuliner yaa, ayaahh. Saya minta take away bakmi gorengnya ajaa 🍜 Begitulah cerita kami di hari pertama liburan di kota Jogja. Nantikan cerita selanjutnya yaa! 😊 ============ Tips liburan naik kereta jarak jauh: 1) Bawa bekal makanan dan minuman yang banyakk yaa karena menu di kereta sangat terbatas, apalagi menu yang kids friendly; 2) Sebaiknya juga bawa bekal mainan secukupnya. Kalau saya pribadi lebih memilih membawa bekal buku aktivitas, lebih praktis tapi bisa bikin anak sibuukk, waakakakk.. πŸ˜† #lovelykidsgallery #askanammara #ayudiabdilla #wisatajogja #familytrip #triptojogja #train #jogja #batikrumah #oleholehjogja #ayamgorengmbahcemplung #bakmimbahgito #wisatakulinerjogja #kulinerjogja