Pemecahan Masalah ala Askana

Saat pembagian rapot yang lalu, saya mendapat laporan dari gurunya Askana bahwa Askana termasuk anak yang banyak akal, saya dan ayahnya juga menyadari itu. Hal ini terlihat dari cara Askana menghadapi suatu masalah. Contohnya, saat Askana ingin meminjam mainan yang dipegang Adia tetapi Adia tidak memberikannya, maka hal yang akan dilakukan Askana bukanlah merebut mainan itu melainkan ia akan menawarkan alternatif mainan yang disukai Adia, sehingga Adia dengan suka hati memberikan mainan yang diinginkan Askana.

Pemecahan masalah serupa juga terjadi saat kami dalam perjalanan di pagi hari. Seperti biasa, saya selalu mempersiapkan keperluan anak-anak untuk sekolah, termasuk bekal mereka. Saat akan berangkat, Askana dan Adia meminta bekal sereal untuk dimakan saat perjalanan menuju sekolah, masing-masing membawa kotak bekalnya. Saat menaiki mobil, ternyata ada snack di belakang jok depan. Spontan saya mengambil snack itu seraya berkata, "Aduh, Bunda lapar!" Tiba-tiba Askana merebut snack itu, berkata protes "Ini kan snack kakak, Bunda!"

Ya benar, itu adalah snack milik Askana. Ayahnya berusaha membujuk Askana untuk memberikan snack itu pada saya, tapi tidak berhasil. Dan hal ini membuat ayahnya berceletuk, "Yaah, kakak gak mau sharing nih!"

Mendengar hal itu Askana tetap melanjutkan aktivitasnya memakan sereal. Hingga tiba-tiba ia menyodorkan satu buah sereal pada saya, "Bunda, mau?" Surprise sekali, saya tentu menerima suapan sereal itu.

"Bunda, kakak pintar kan sudah mau sharing sereal dengan Bunda?" katanya bertanya pada saya. Saya mengangguk dan tersenyum padanya. Ia bertanya hal yang sama pada ayahnya. Si ayah juga mengangguk dan memujinya. Askana senang sekali karena ia mendapat pujian atas sikapnya dari kami. Dalam suasana riang itu, si ayah lalu berkata, "Sekarang ayo sharing snacknya sama Bunda, nak! Kasihan Bunda lapar katanya.."

Si sulung menjawab, "Loh, kan tadi kakak kana sudah sharing serealnya, ayaahh!" Ahahaa, zonk deh! 😜

#level9
#tantangan10hari
#kelasbunsayiip
#thinkcreative

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How I Met My Husband

Hal Besar Dimulai dari Langkah Kecil

Lima Tips yang Perlu Diperhatikan Orang Tua saat Memilih Sekolah Anak