#NHW4: Mulai dari sekarang!




Waahh..sudah masuk pekan keempat yaa, nice homework ke-4 juga sudah menunggu untuk dikerjakan, heuu.. Agak merasa bersalah di pekan keempat ini karena saya harus 'ngebut' menyerap materi dan mengerjakan #NHW4 😬 Apa pasal? Karena euforia aksi damai bela Al-Quran tanggal 4 November 2016 kemarin akhirnya membuat saya selalu 'kepo' untuk selalu mencaritahu, juga karena anak-anak sakit, dan dinas ke Pulau Karimun. *ahh alasaann ya ini mah, manajemen waktunya nih harus diperbaiki 😅🙏🏻


Jadii, marilah kita kerjakan #NHW4 ini, semangatt! 💪🏻💪🏻

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

>> Alhamdulillah hingga saat ini saya akan tetap fokus belajar mengenai ilmu kesempurnaan cinta, yang dapat dicapai melalui syukur, sabar, dan ikhlas dalam menjalankan berbagai peran saya di universitas kehidupan ini 😊

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

>> Checklist harian ini memang belum sepenuhnya konsisten saya jalankan, terutama checklist harian sebagai individu. Tapi terus terang, adanya checklist harian ini membuat saya semakin terarah menjalani hidup setiap harinya, semacam ada "do and don't" apabila saya melakukan sesuatu.

b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

>> Saya menjadi sangat berbahagia ketika saya dapat berbagi tentang banyak hal kepada orang lain, tentunya tanpa melanggar syariat Allah. Terlebih ketika ada yang bertanya mengenai cara mengasuh dan mendidik anak-anak.

Misi hidup: menjadi individu yang bermanfaat bagi orang lain, dimulai dari keluarga kecil kami
Bidang: pengasuhan dan pendidikan anak
Peran: pembelajar dan inspirator

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Tahapan ilmu yang harus saya kuasai untuk menjalankan misi hidup tersebut tidaklah jauh berbeda dengan apa yang sudah dibuat oleh Ibu Septi, yaitu:

1.) Ilmu agama: sebagai ilmu dasar dari berbagai tindakan yang saya lakukan, merujuk pada Al-Qur'an dan al-hadits, serta ijma' para ulama
2.) Ilmu komunikasi: kemampuan untuk berkomunikasi yang baik dengan suami, anak, maupun lingkungan sekitar
3.) Ilmu-ilmu seputar pengasuhan dan pendidikan anak (tahapan Bunda Sayang)
4.) Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga (tahapan Bunda Cekatan)
5.) Ilmu-ilmu seputar pengembangan minat dan bakat serta kemandirian finansial (tahapan Bunda Produktif)
6.) Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang (tahapan Bunda Shaleha)

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

>> In sya Allah, saya akan memulai semuanya dari sekarang, di usia 30 tahun yang telah dikaruniai oleh 2 orang anak. *gak ada kata terlambat yaa, semangatt! 😙💪🏻
Untuk ilmu-ilmu yang saya sebutkan di atas tentunya akan saya pelajari secara berkesinambungan. Milestone yang saya tetapkan sebagai berikut:

KM 0 – KM 1 (tahun pertama): Menguasai ilmu seputar Bunda Sayang dan teknik berkomunikasi yang baik
KM 1 – KM 2 (tahun kedua): Menguasai ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun ketiga): melakukan inovasi dalam pengembangan minat dan bakat (menguasai tahapan ilmu Bunda Produktif)
KM 3 – KM 4 (tahun keempat): menebar manfaat untuk lebih banyak orang (menguasai tahapan ilmu Bunda Shaleha)

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

>> Sudah masuk ke dalam checklist profesionalisme perempuan sebagai individu.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

>> Bismillah, semoga Allah kuatkan..semoga Allah ridhai 😊

*Jadi ingat apa kata Aa Gym, 3M: mulai dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang! 💪🏻💪🏻

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How I Met My Husband

Hal Besar Dimulai dari Langkah Kecil

Lima Tips yang Perlu Diperhatikan Orang Tua saat Memilih Sekolah Anak