Practical Learning: Sabar dalam Ikhtiar

Bismillahirrahmaanirrahiim....

Huuufh, tiga minggu ini terlewati dengan menghela napas panjang. Seninya bergerak dalam tim itu memang harus memupuk kesabaran ya, terutama dalam hal komunikasi tim. Key updates di instagram @bangunpagiyuk.id tidak berjalan sesuai dengan timeline. Key updates hanya kami rilis di minggu kedua saja.

Meski demikian, pembelajaran di milestone pertama berjalan dengan cukup baik. Pada milestone pertama ini, dalam waktu tiga bulan, tim kami akan mendalami mindfulness atau berkegiatan secara sadar dan mempraktikkannya dalam keseharian. Pada dua pekan pertama, kami fokus untuk melatih rasa syukur saat bangun tidur setiap pagi. Pada pekan ketiga dan keempat kami akan fokus untuk mindful dalam meregulasi emosi.


Untuk menjalankan project kami ini, kami mulai kembali mencari referensi buku, tulisan, maupun pelatihan yang berhubungan dengan milestone kami.  Selain itu, saya juga membeli domain website bangunpagiyuk.id. Kami pun membuat timeline mingguan dimana setiap hari Senin hingga Rabu, setiap anggota tim akan berbagai referensi yang dimiliki. Saya juga membeli dua buku tentang mindfulness yang nanti akan saya share kepada teman-teman diminggu-minggu berikutnya. Selain itu, tim juga akan menetapkan target praktik mindfulness-nya masing-masing (karena kebutuhan setiap anggota berbeda-beda).  


Pada pekan pertama, Ms Della sharing mengenai gratitude list yang ia tempel di dinding kamarnya. Gratitude list tersebut selalu dibaca setiap bangun pagi. Masya Allah, keren, deh. Setelah praktik selama dua minggu, kamipun melakukan evaluasi atas praktik yang kami lakukan. Momen evaluasi ini ternyata membuat saya haru. 

Di sela peran dan tugas yang tidak selesai sesuai timeline tersebut, saya ternyata merasakan bagaimana anggota tim saya juga sudah berusaha maksimal ditengah 'keriweuhan' yang mereka miliki. Hanya saja kami masih perlu memperbaiki komunikasi untuk lebih terbuka lagi agar dapat saling back-up satu dengan lainnya. Saya juga menyadari bahwa saya kurang berperan maksimal di tiga minggu kemarin karena adanya kesibukan pekerjaan saya di ranah publik. Ya Allah, mudahkanlah kami untuk menuntut ilmu dan berikanlah kami ilmu yang bermanfaat... Yuk, semangat lagi, yuk!


#aksiuntuksolusi
#ibupembaharu
#bundasalihah
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#darirumahuntukdunia
#ibuprofesionaluntukindonesia
#semestakaryauntukindonesia





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How I Met My Husband

Hal Besar Dimulai dari Langkah Kecil

Lima Tips yang Perlu Diperhatikan Orang Tua saat Memilih Sekolah Anak